Menciptakan Slide Presentasi yang Memukau Perhatian
  • Bagi Anda yang berprofesi dengan mengandalkan slide dan berbagai template presentasi, tentu Anda telah benar-benar akrab dengan hukum tak tertulis mengenai sistem memakai presentasi yang baik. Presentasi yang baik akan selalu menarik perhatian dari audiens. Selain itu, tentunya akan menghemat banyak waktu dan lebih efisien. Langsung, apa yang sebaiknya Anda lakukan sebelum mempersiapkan presentasi yang menarik? Berikut ulasannya.

    Slide Sumber: Rimma.co yang menarik bukanlah slide yang penuh dengan kata-kata alias hanya copy paste dari Word saja. Jangan sampai Anda melakukan hal hal yang demikian sebab itu terang-jelas akan membikin audiens Anda merasa bosan. Ada bagusnya Anda membikin presentasi lebih ringkas, seumpama membuat beberapa pernyataan dengan bulleting atau nomor. Anda juga bisa meletakkan tiap-tiap pertanyaan dalam sebuah text box atau dengan menu shapes lainnya. Apabila kemudian Anda mengalami kesulitan, Anda juga bisa memakai SmartArt yang mempermudah Anda dalam meletakkan pernyataan yang Anda berikan. Dengan metode ini, presentasi akan jauh lebih menarik. Selanjutnya, Anda bisa memakai template presentasi yang menarik, semisal dengan ditambah kartun. Perlu dilihat kalau animasi yang dipakai tidak terlalu banyak. Kecuali dapat mengganggu fokus presentasi, terlalu banyak penerapan animasi justru akan membuat slide presentasi tak beraturan. Sekiranya Anda berkeinginan memakai kartun dalam presentasi, pilihlah kartun yang sederhana melainkan menarik. Jangan sampai audiens Anda diciptakan pusing dengan banyaknya animasi yang Anda gunakan.

    Pertimbangkan juga pemilihan font, font size, hingga font colour. Terlalu banyak pemilihan macam dan ukuran font hingga penerapan warna font yang berlebihan justru akan amat mengganggu pandangan audiens. Pertimbangkan juga pemilihan warna-warna pada slide sehingga tampak lebih nyaman. Jangan sampai warna yang Anda pakai ‘bertabrakan’ alias tidak proporsional. Anda juga dapat memakai tipe isi materi presentasi, contohnya dengan menambahkan template presentasi seperti foto, video, grafik. Dengan menambahkan satu foto, Anda bisa menjelaskannya menggunakan kata-kata Anda sendiri. Penggunaan metode ini akan membuat audiens lebih konsentrasi pada penjelasan Anda sehingga presentasi dapat dikatakan berhasil.
    image

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!